loading...

WOW! Bus Pertama Di Dunia Yang Bayar Dengan Sampah Ini Ada Di Surabaya


Sabtu tepatnya 7 April 2018 yang lalu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meluncurkan Suroboyo Bus di depan Gedung Siola, Jalan Tunjungan. Transportasi umum yang mendukung upaya ramah lingkungan serta membantu mengurangi kepadatan ini juga dinilai punya banyak kelebihan. Salah satunya, keunikkan alat pembayarannya, yakni cukup dengan sampah plastik.


Bus dengan lebar 2,4 meter dan panjang 12 meter milik Pemerintah Kota Surabaya ini sudah resmi diluncurkan. Selain sebagai transportasi massal yang diraharapkan mengurangi kemacetan di Kota Surabaya, Suroboyo Bus juga menjadi media dalam upaya penanggulangan sampah.


Selain itu, bus yang dijadikan transportasi plesiran ini juga punya banyak keunggulan. Penasaran? Berikut 8 fakta tentang Suroboyo Bus.

1. Tiket = Sampah


Kalau ingin naik Suroboyo Bus ini, Sahabat Autonewsia tak harus repot membeli tiket. Cukup membawa 5 botol plastik minuman ukuran tanggung, 3 botol besar, 10 gelas air mineral, kantong plastik, dan kemasan plastik. Seluruh sampah ini nantinya untuk ditukarkan di bank sampah, drop box halte, dan drop box terminal Purabaya untuk ditukar kartu setor sampah. Nah, kartu ini nantinya bisa ditukarkan kembali dengan tiket Suroboyo Bus.

2. Keliling Surabaya 2 Jam

Setelah mendapat tiket dari menukar sampah itu, Sahabat Autonewsia bisa berkeliling Surabaya selama 2 jam secara gratis. Lumayan kan, buat plesiran di Ibu Kota Jawa Timur? 

3. Total 15 Kamera CCTV

Si Merah besar yang akan menghiasi lalu lintas Surabaya ini juga dilengkapi dengan total 15 CCTV. Yakni 12 kamera tersimpan di dalam bus, sementara 3 lainnya disematkan pada bagian luar bus. Kamera-kamera ini bertujuan untuk memberi rasa aman bagi penumpang yang naik.

4. Sensor Pintu

Pintu bus ini juga dilengkapi dengan sensor. Sama halnya dengan yang diterapkan pada Commuter Line, bus tak akan jalan jika ada penumpang yang menghalangi dan pintu terbuka. Agar penumpang tertib dan mengutamakan keselamatan. 

5. Tombol Darurat

Fitur keselamatan lain pada bus ini adalah tombol darurat jika terjadi kebakaran atau kecelakaan. Pengemudi bisa menekan tombol dan seketika alarm berbunyi. Pintu bus akan terbuka otomatis untuk dapat dilalui penumpang saat terjadi keadaan darurat.

6. Ramah Orang Kebutuhan Khusus


Kelebilan lainnya pada Suroboyo Bus ini adalah ramah bagi difabel, lansian, dan ibu hamil. Suroboyo Bus dilengkapi dengan tombol khusus dekat pintu masuk. Saat ditekan, asisten pengemudi akan membantu orang yang berkebutuhan khusus untuk masuk ke dalam bus. Pintu masuknya pun didesain rendah sehingga memudahkan penumpang untuk naik. 

7. Aman Saat Melintas

Suroboyo Bus ini juga amat saat melintas karena terintegrasi dengan sistem pengaturan lalu lintas jalan. Saat bus akan melintas secara otomatis lampu lalu lintas akan berubah menjadi hijau. Pusat kontrolnya terdapat di Terminal Bratang dan Joyoboyo.

8. Aplikasi GoBus

Untuk dapat melihat jadwal kedatangan bus di setiap halte, tujuan, dan asalnya, bus ini dilengkapi dengan aplikasi GoBus. Hingga posisi bus berada pun bisa dilihat melalui aplikasi ini. Bus ini akan beroperasi dari pukul 06.00 hingga 22.00 WIB dengan kapasitas 67 tempat duduk yang dipisahkan antara laki-laki dan perempuan.
Back To Top