loading...

Penting! Garis Coklat Pada Kaca Belakang Mobil Bukan Hanya Sekedar Hiasan, Ini Fungsinya!

Percaya atau tidak hingga saat ini ternyata masih banyak yang belum tahu apa fungsi garis-garis coklat yang melintang di kaca belakang. Itu bukan sekedar hiasan namun memiliki fungsi yang berguna untuk membantu visual saat berkendara. Apalagi dalam kondisi hujan.


Garis coklat pada kaca belakang merupakan fitur anti-embun yang kerap disebut defogger. Sayangnya tidak semua mobil yang di jual di Indonesia mempunyai fitur ini, karena belum ada aturan bakunya.

“Kayanya belum deh. Buktinya gak semua ada kan (maksud nya, belum di standarkan oleh pemerintah). Padahahal fitur ini penting untuk visual berkendara,” ujar Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager Toyota Astra Motor (TAM), Jumat (13/10).

Menurut Iwan garis coklat merupakan defogger untuk menghilangkan kondensasi yang terjadi pada kaca di dalam kabin belakang. Meski mengantarkan panas dari listrik, saat disentuh dengan tangan panas tidak akan terasa.

“Dalam mobil defogger biasanya ada di kaca belakang dan depan. Kalau depan bekerja dari kipas air conditioner (AC), sedangkan di belakang melalui arus panas dari listrik yang diantar melalui garis-garis coklat itu, jadi bukan hiasan,” ujar Iwan.

Bagaimana mobil yang tidak dilengkapi dengan defogger? Untuk menghilangkan embun yang ada pada kaca bisa dilakukan lewat menyalakan AC atau membuka aliran sirkulasi dari luar kedalam. Namun bila mobil LMPV yang AC nya didepan saja, jangkauannya tak bisa sampai kaca belakang.

Sebagai informasi pengembunan di kaca bagian dalam kabin terjadi akibat adanya perbedaan suhu dengan di luar. Misalnya saat hujan atau ketika sedang berada di kawasan pegunungan.

Cara kerja anti-kabut pada kaca belakang mirip seperti kompor listrik atau induksi yang menghasilkan energi kalor kemudian terdistribusi ke seluruh permukaan kaca.

Cara Penggunaan dan Merawat Deffoger
Tombol deffoger biasanya selalu berada di dekat setir mobil, dengan gambar logo seperti embun. Defogger memiliki kegunaan yang cukup penting saat pada saat hujan.

Fungsi utamanya memberikan energy panas terhadap kabut yang menempel pada kaca mobil bersih, sehingga tidak mengganggu kenyamanan pengendara terkait jarak pandang.

Cara pengaktifan defogger masih dengan cara manual, cukup memencet tombol berlogo embun yang terdapat pada dekat setir mobil. Ada dua macam defogger yaitu jenis defogger yang menggunakan udara dan satunya lagi menggunakan elektrik.

Deffoger ada dua kode dalam mobil. Foto/Carmudi.

Pada kaca depan mobil biasanya defogger memanfaatkan udara yang masuk ke dalam mobil melalui ventilasi dibagian dasbor. Sementara untuk defogger elektrik biasanya diguakan untuk bagian kaca belakang.

Disarankan untuk selalu melakukan perawatan defogger secara berkala. Dan ini tidak terlalu sulit, bahkan nyaris tanpa membutuhkan perawatan khusus. Anda cukup memperhatikan beberapa hal sebagai berikut.

Perhatikan saat menghidupkan dan mematikan. Hidupkan fitur ini ketika sudah terdeteksi embun dikaca belakang. Cara salah adalah menghidupkan fitur ini saat baru hujan lalu mematikanya setelah embun hilang.

Hati-hati juga dengan soket atau konektor pada defogger, karena sangat rentan tersenggol saat kaca dilap. Mesksipun jarang sekali rusak, namun sebaiknya bukalah soket yang ada dan lihat kondisinya.

Untuk mobil yang sudah lama, sebaiknya hati hati dengan timah konektor, jangan sampai terlepas. Bila ingin mengelapnya gunakan kain yang halus.

Editor: Dony Lesmana (carmudi.co.id)
Tag : Mobil, Tips
Back To Top