loading...

Langsung Tancap Gas Saat Start Maupun Melintasi Polisi Tidur Bikin Rugi, Nggak Percaya?

Sadar atau tidak, saat naik motor ataupun mobil, kita akan sering ngegas atau injak pedal gas lebih dalam saat baru jalan, melewati polisi tidur, ataupun melalui tanjakan.

Sumber Foto: ganzimaru.wordpress.com

Hal-hal semacam itu sebenarnya kerap memakan bensin lebih banyak daripada ketika motor atau mobil meluncur dengan putaran mesin stabil.

Makanya, tidak jarang saran muncul agar menghindari tempat yang banyak polisi tidur, apalagi tanjakan.

Selain karena harus melawan gravitasi sehingga tercipta beban, baik start maupun melewati polisi tidur dan tanjakan, sebenarnya mesin sedang kekurangan pasokan udara.

"Konsumsi bahan bakar itu terbuang terutama pada saat RPM rendah. Misalnya saat melalui polisi tidur. Di situ yang konsumsinya banyak sebenarnya. Kalau sudah di tol, sudah irit itu (bisa lihat daftar irit)," ujar Harun Tanjung, Sales and Service Proxima.

Mengapa mesin kekurangan pasokan udara? Ia menjelaskan bahwa pada saat itu, beban yang harus dihadapi hanya dijawab oleh pasokan bensin di ruang bakar, sementara udara yang masuk tidak menyesuaikan karena mobil dalam kondisi tidak melaju atau lari.

"Kalau kita gas, kan biasanya dia ngempos, akhirnya kita injak lagi. Nambah lagi. Ini karena naluri kita bahwa (daya) kendaraan belum cukup," kata dia.

Berbeda dengan melaju di tol. Mobil tentu bisa melaju kencang sehingga udara yang masuk juga banyak dan sesuai kebutuhan pembakaran. Melaju melewati polisi tidur atau pun tanjakan sejatinya membuat mesin kekurangan udara karena sedang bergerak lambat.

"Nah, di situ kucuran bahan bakarnya deras, sementara udaranya terlambat," kata dia.
(Sumber: otosia.com)
Tag : Mobil, Motor, Tips
Back To Top