loading...

Hah! Kendaraan Ini Diberi Nama Jan Cox

Siapa yang tidak pernah mendengar kata Jancok atau Dancok atau disingkat Cok?

Ya... Benar... Kata Jancok atau Dancok atau Cok adalah sebuah kata yang berasal dari Jawa Timur khususnya wilayah Surabaya dan sekitarnya.

Kata tersebut digunakan sebagai umpatan pada saat emosi meledak, marah, atau untuk membenci dan mengumpat seseorang. Kata Jancok juga menjadi simbol keakraban dan persahabatan khas di kalangan sebagian arek-arek Suroboyo.

Namun siapa sangka kata tersebut berasal dari tulisan sebuah kendaraan perang jenis tank.

Dikutip dari militermeter.com bahwa saat masa Perang Dunia II di wilayah Pulau Jawa terdapat banyak kendaraan perang termasuk tank. 

Foto: Tank Belanda Jan Cox (sumber: militermeter.com)

Salah satu tank diantaranya diberi tulisan Jan Cox.  

Jan Cox adalah seorang pelukis terkenal di Amerika Serikat dan Belgia. Seniman kelahiran Den Haag, Belanda pada 27 Agustus 1919 dan meninggal pada 7 Oktober 1980 di Antwerp, Belgia.

Foto: Seniman Jan Cox (sumber: militermeter.com)

Nama Jan Cox membumi di tanah Jawa terutama di Kota Surabaya bukan karena karya lukisnya. Namun karena namanya tertulis pada salah satu tank milik Belanda.

Sepertinya sih personel tank tempur tersebut tersebut sangat mengidolai Jan Cox lalu menuliskan nama pujaanya. Hal tersebut yang banyak dilakukan prajurit tempur semasa Perang Dunia II.

Tulisan putih besar dengan huruf capital sangat mudah terbaca. Para pasukan TKR (TNI pada masa itu) menggunakan kata sandi Jan Cox untuk kendaraan tank tempur.

Lambat laun kata Jan Cox terkenal dan menjadi bahasa serapan populer di kalangan masyarakat Jawa Timur.

Kemungkinan besar asal mula kata Jancok atau Dancok atau disingkat Cok berasal dari nama kendaraan tank tersebut selain yang disebutkan di Wikipedia

Untuk mengetahui karya-karya Jan Cox anda bisa meng klik link berikut ini:

http://ensembles.mhka.be/actors/jan-cox?locale=en

Sumber: http://militermeter.com/jan-cox-seniman-belanda-yang-namanya-abadi-di-jawa/
Back To Top